Gak Cuma Tumbuhan, Inilah 3 Hewan yang Dapat Berfotosintesis


Fotosintesis adalah cara tanaman memproduksi makanannya sendiri serta mendapat nutrisi yang cukup bagi pertumbuhannya. Mereka dapat melakukan hal ini karena mempunyai klorofil atau zat hijau daun yang dikandung oleh kloroplas. Dalam proses ini tanaman menggunakan bantuan tenaga matahari untuk mengubah karbon dioksida (CO2) dan air menjadi gula serta oksigen yang bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya. Umumnya, hanya tumbuhan yang memiliki zat hijau daun saja yang dapat melakukan proses fotosintesis ini, namun ternyata ada beberapa hewan yang juga dapat memanfaatkan proses ini untuk memproduksi energi sendiri, diantaranya yaitu:

  1. Salamander Tutul

Hewan ini dinobatkan sebagai spesies vertebrata pertama dan satu-satunya yang dapat melakukan proses fotosintesis, dimana spesies vertebrata lain tidak mungkin melakukan hal ini karena mereka memiliki imun terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Salamander Tutul dapat melakukan proses ini karena mengonsumsi alga hijau dan mampu menyalin gen pembentuk klorofil pada alga tersebut.

  1. Terumbu Karang

Terumbu karang merupakan satu kesatuan yang terdiri dari simbiosis mutualisme antara karang dan alga hijau yang disebut zooxanthellae. Dalam simbiosis ini alga memberikan karang nutrisi seperti glukosa, gliserol, dan oksigen melalui proses fotosintesis yang dibutuhkan karang dalam membuat lemak, protein, dan karbohidrat dalam menghasilkan kalsium karbonat. Alga juga bertugas untuk memberi warna bagi karang sedangkan sebagai gantinya karang memfasilitasi alga dengan tempat yang aman dan cocok bagi pertumbuhannya. Simbiosis antara karang dan alga juga memberikan manfaat bagi perairan laut tropis yang kekurangan nutrisi.

  1. Sea Slug

Seperti Salamander Tutul, Siput Laut atau Sea Slug dapat melakukan proses fotosintesis karena memakan alga hijau serta memiliki kloroplas dalam dirinya yang memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.

Itulah tiga hewan yang dapat melakukan proses fotosintesis. Ternyata banyak sekali keanekaragaman hayati yang dapat dieksplor oleh ilmu pengetahuan. Yuk sama-sama belajar dan rawat bumi ini beserta isinya agar bertahan sampai generasi selanjutnya.


2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua