top of page

Mobil Listrik Masih Ada Polusi? Yuk Simak Penjelasannya!

Diperbarui: 7 hari yang lalu


Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup, mobil listrik mulai menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang. Meskipun mobil listrik dianggap sebagai solusi ramah lingkungan untuk mengurangi polusi, kenyataannya di Indonesia mobil listrik masih menghasilkan polusi.


Sejauh ini, ada beberapa kendala dalam pengembangan mobil listrik di Indonesia. Salah satunya adalah kurangnya infrastruktur pengisian daya. Hal ini membuat kendaraan listrik sulit untuk dipakai dalam perjalanan jarak jauh. Selain itu, harga mobil listrik yang relatif lebih mahal dibandingkan mobil konvensional juga menjadi kendala lainnya.


Tetapi, masalah utama dalam pengembangan mobil listrik adalah sumber daya listrik yang digunakan. Di Indonesia, sebagian besar listrik masih berasal dari pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil seperti batu bara. Meskipun mobil listrik tidak mengeluarkan emisi langsung seperti mobil konvensional, tetapi penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit listrik fosil akan menghasilkan emisi CO2. Oleh karena itu, mobil listrik di Indonesia masih menghasilkan polusi secara tidak langsung.


Namun, bukan berarti penggunaan mobil listrik sama sekali tidak membantu mengurangi polusi udara di Indonesia. Di perkotaan, penggunaan mobil listrik masih dapat membantu mengurangi polusi lokal seperti emisi nitrogen oksida dan partikulat halus. Selain itu, penggunaan mobil listrik juga dapat membantu mengurangi ketergantungan terhadap impor bahan bakar minyak.


Untuk mengurangi polusi dari kendaraan listrik, perlu dilakukan beberapa langkah. Pertama, perlu ditingkatkan penggunaan sumber daya listrik yang bersih seperti energi terbarukan. Kedua, perlu ditingkatkan pengembangan infrastruktur pengisian daya sehingga kendaraan listrik dapat dipakai dalam perjalanan jarak jauh. Ketiga, perlu diberikan insentif dan dukungan yang cukup dari pemerintah agar penggunaan kendaraan listrik semakin meningkat.


Dalam kesimpulannya, mobil listrik memang dianggap sebagai solusi ramah lingkungan untuk mengurangi polusi. Meskipun begitu, di Indonesia mobil listrik masih menghasilkan polusi karena sumber daya listrik yang digunakan. Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai upaya untuk mengurangi polusi dari kendaraan listrik, seperti pengembangan sumber daya listrik bersih dan infrastruktur pengisian daya yang memadai.

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page