top of page

Pencatatan Perdana Saham PT ecoCare Indo Pasifik Tbk (HYGN)

Diperbarui: 15 Apr


ecoCare di BEI
ecoCare Resmi Melantai di BEI: Peluang Investasi di Sektor Higienitas dan Sanitasi

Pada Selasa, 13 Februari 2024, PT ecoCare Indo Pasifik Tbk (kode emiten: HYGN) secara sukses mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI). Prestasi ini menandai posisi kunci perusahaan sebagai emiten ke-17 yang berhasil melantai di BEI pada tahun 2024, mencerminkan komitmen dan keunggulan profesional dalam navigasi pasar keuangan. Sebanyak 525.000.000 lembar saham atau setara 20.79% dari total modal yang ditempatkan telah ditawarkan kepada masyarakat melalui penawaran perdana (Initial Public offering / IPO) seharga Rp 145 per lembar saham.


Sesaat setelah listing, saham HYGN melesat naik 21.38% ke level 176 hingga harga tertingginya mencapai 190 dengan kenaikan 31.03% pada pukul 09.18 WIB. Sebanyak 426.59 juta lembar saham telah ditransaksikan dengan nilai sebesar 77.06 miliar. Melalui listing perdana ini PT ecoCare Indo Pasifik berpotensi memperoloeh dana segar sebanyak-banyaknya Rp 76.12 miliar.


Sebesar 13.50% dana yang didapatkan melalui listing perdana akan digunakan untuk membeli gudang milik afiliasi ecoCare yang belokasi di Cijayanti Bogor. Sekitar 49.20% akan digunakan untuk modal pengembangan bisnis dan ekspansi perusahaan. Sebesar 18.50% akan digunakan untuk belanja modal. Terakhir sebanyak 18.90% akan digunakan untuk penyetoran modal usaha untuk ekspansi bisnis anak perusahaan ecoCare Group Company, yaitu PT TukangBersih Indonesia dan PT Indocitra Pacifik.


Perseroan juga memberikan hak opsi pembelian saham kepada manajemen dan karyawan (Management and Employee Stock Option Program / MESOP) sebanyak 15.15 juta saham, kepada maksimal 20 pihak dengan nilai kurang dari RP 5 miliar.


Dalam kutipan wawancaranya, Chief Executive Officer Group PT ecoCare Indo Pasifik Tbk yaitu Wincent Yunanda, menyampaikan pandangannya bahwa pencatatan saham HYGN terjadi pada waktu yang tepat. Pernyataan ini didasarkan pada peningkatan kesadaran akan kesehatan dan sanitasi, seiring dengan urbanisasi dan perkembangan kelas menengah yang signifikan, yang turut mendorong pertumbuhan pesat dalam industri layanan higienitas di Indonesia. Melalui pencatatan saham perdana ini, PT ecoCare Indo Pasifik Tbk juga mengukuhkan diri sebagai pemain kunci di pasar keuangan dan membangun pondasi kokoh untuk pertumbuhan berkelanjutan di masa mendatang.


362 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page