Sering Bakar Sampah Sembarangan? Hati-Hati dengan Dampak Berbahaya Satu Ini!




Saat ini kesadaran masyarakat Indonesia terhadap lingkungan dan kesehatan masih terbilang cukup rendah dibandingkan negara-negara lain. Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku sehari-hari masyarakat sekitar yang masih suka membakar sampah rumah tangga maupun sampah organik secara sembarangan karena dianggap praktis dan cepat untuk menyingkirkan sampah yang menumpuk. Namun nyatanya cara tersebut justru dapat menimbulkan banyak kerugian bagi kesehatan manusia dan mencemari lingkungan hidup. Apa saja sih kira-kira dampaknya? Simak artikel berikut ini!


Asap hasil pembakaran sampah secara umum menghasilkan gas karbon monoksida (CO) yang setara dengan asap kendaraan, dimana gas ini dapat mengikat oksigen (O2) sehingga tidak dapat diedarkan ke seluruh tubuh. Efeknya akan menjadi sangat berbahaya bagi manusia dan dapat menyebabkan radang paru-paru hingga menyebabkan kematian. Selain itu, sampah plastik yang dihasilkan dari limbah rumah tangga jika tidak dibakar dengan suhu yang tinggi dan tidak ditangani secara tepat akan menghasilkan senyawa kimia berbahaya seperti dioksin, klorin, bahkan benzopirena yang bersifat karsinogen dapat memicu kanker. Bukan hanya menghasilkan senyawa kimia berbahaya, membakar sampah di tempat terbuka dapat membuat partikel debu halus hasil pembakaran sampah terbang ke berbagai arah yang jadi sangat mungkin terhirup oleh manusia. Bahayanya, partikel ini tidak dapat disaring oleh paru-paru sehingga akan menimbulkan masalah besar pada pernapasan.


Tidak berhenti sampai di situ! Membakar sampah sembarangan juga dapat merusak lingkungan hidup dimana karbon monoksida yang dihasilkan tadi dapat terkumpul di lapisan ozon sehingga menimbulkan efek gas rumah kaca yang berpengaruh terhadap pemanasan global, pencemaran kualitas udara, serta penurunan kadar oksigen.

Itu dia banyaknya bahaya yang mengancam kita beserta isi bumi jika membakar sampah secara sembarangan. Yuk lebih perhatian lagi dengan lingkungan dan kesehatan dengan membuang sampah ke tempat yang seharusnya dan bukan malah membakarnya. Ingatkan juga ya orang-orang di sekitarmu agar tidak membakar sampah!





1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua