Ini Dia Pengertian Konsep Green Building dan Implementasinya di Indonesia


Pemanasan global telah menjadi polemik dan perhatian masyarakat dunia termasuk Indonesia pada beberapa tahun belakang. Penyebab utama fenomena ini adalah meningkatnya emisi karbon dioksida (CO2) serta gas-gas lainnya yang naik dan terperangkap di lapisan ozon sehingga membuat lapisan pelindung bumi menipis. Karbon dioksida kebanyakan dihasilkan oleh gedung-gedung bertingkat yang disebut dengan efek gas rumah kaca, dimana banyak terdapat penggunaan pendingin ruangan yang mampu menghasilkan gas buangan tersebut. Selain itu bahan bangunan seperti beton dan aspal yang digunakan dapat membuat panas terperangkap di dalamnya dan memperparah fenomena ini. Minimnya lahan terbuka hijau untuk menetralisir panas juga ikut memperparah pemanasan global sehingga emisi gas buangan tadi tidak mampu dinetralisir. Green Building adalah salah satu solusi kebijakan yang ditawarkan untuk menyikapi masalah ini. Yuk kenalan lebih jauh dengan konsep ini beserta manfaatnya!


Bangunan Hijau (Green Building) adalah istilah yang mengacu pada konteks arsitektur dan konstruksi bangunan yang menerapkan prinsip ramah lingkungan mulai dari pemeliharaan, perencanaan, pembangunan, sampai pembiayaan. Penerapan konsep ini dapat mengurangi penggunaan sumber daya air karena bangunan hijau sangat menekankan pada efisiensi pemakaiannya serta menciptakan kualitas udara yang lebih baik karena memiliki lebih banyak ruang hijau terbuka dibandingkan bangunan biasa. Keuntungan lainnya adalah bangunan dapat digunakan dengan jangka waktu yang lebih lama dengan biaya operasional dan pengelolaan yang lebih murah dikarenakan penggunaan panel surya sebagai pengganti listrik.


DI Indonesia sendiri sudah banyak gedung yang mengimplementasikan konsep green building ini dan mendapatkan sertifikasi dari GBCI(Green Building Council Indonesia). GBCI merupakan lembaga swadaya masyarakat non-profit yang bertujuan mengedukasi, memberi pelatihan dan sertifikasi, serta mentransformasi masyarakat melalui program yang disebut greenship. Lembaga tersebut juga telah bekerjasama dengan organisasi independen lainnya sehingga mendapatkan pengakuan resmi dari pemerintah dan juga diakui secara internasional.


Itulah pengertian mengenai konsep green building. Semoga dengan bertambah banyaknya bangunan yang menerapkan konsep ini dapat membuat pemanasan global berkurang dan memperbanyak lahan hijau terbuka.

.



13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua