top of page

4 Cara Membuat Ruang Kantor Nyaman


Taukah kamu jika produktivitas kerja karyawan tergantung dari kenyamanan dan kebersihan kantor. Coba bayangkan jika kantor berdebu dan penuh sampah, pasti akan membuat pegawai kantor tersebut malas dan gampang terserang penyakit akibat bakteri dan virus yang tersebar di ruangan tersebut. Menurut riset kebanyakan sampah yang berada di perkantoran terdiri dari 76% kardus & kertas bekas, 12% sisa sampah makanan, 6% gelas plastik sekali pakai, dan sisanya terdiri dari limbah lain termasuk debu dan kotoran. Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan semua limbah yang berada di area perkantoran dapat di daur ulang. Berikut adalah cara membuat ruang kantor nyaman dengan mengolah limbah yang dapat didaur ulang.


  • Hindari penggunaan botol/gelas sekali pakai

Cobalah untuk membawa botol minuman sendiri dibanding membeli di luar setiap hari. Selain kamu dapat menghemat uang, kamu juga dapat membantu mengurangi limbah plastik dan berkontribusi mengurangi pemanasan global. Selain itu sampah plastik bekas minuman mu akan membuat tempat sampah penuh dan sesak. Bukan hanya itu saja, kamu mungkin dapat membuat rekan kerjamu terganggu akan tumpukan sampah tersebut.


  • Manfaatkan telepon seluler untuk membuat notes

Dibanding membuang-buang kertas untuk menulis semua catatanmu lebih baik untuk memanfaatkan telepon selulermu. Selain lebih praktis karena dapat dibawa kemanapun, kamu juga dapat menghapusnya jika sudah tidak lagi diperlukan tanpa harus membuang-buang banyak kertas. Dampak positif lainnya adalah kamu turut mengurangi tingkat pemanasan global.

  • Pergunakan kertas semaksimal mungkin

Tentu kita sama-sama setuju bahwa penggunaan kertas tidak dapat dihindari jika sudah menyangkut pekerjaan kantor. Tapi cobalah semaksimal mungkin untuk menghemat penggunaannya. Misalnya saja, usahakan print bolak-balik dokumen yang diinginkan atau bagi kertas menjadi 2 layout.

  • Inisiatif untuk membereskan kubikel

Adanya office boy di kantor tidak menjamin meja mu akan selalu rapih dan bersih. Ingatlah bahwa kubikel kantor milikmu adalah tanggung jawabmu sendiri. Selalu bersihkan dan susun dokumen yang ada di meja sampai rapi sebelum kamu meninggalkan kantor.

Nah itulah cara membuat kantor nyaman. Jika kantor nyaman, maka produktivitas karyawan pasti meningkat. Selamat mencoba.










14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page