top of page

8 Langkah Cara Menggunakan Hand Sanitizer yang Benar



Source: Proqualityoffice


Menggunakan hand sanitizer merupakan salah satu cara efektif untuk menjaga kebersihan tangan dan mencegah penyebaran kuman, terutama ketika sabun dan air tidak tersedia. Namun, agar efektif, hand sanitizer harus digunakan dengan benar.


Berikut adalah 8 langkah cara menggunakan hand sanitizer yang benar:


  1. Pilih Hand Sanitizer yang Tepat Pastikan hand sanitizer yang Anda gunakan mengandung setidaknya 60% alkohol. Ini penting untuk memastikan hand sanitizer cukup efektif membunuh kuman dan virus.

  2. Tuangkan Hand Sanitizer Secukupnya Tuangkan hand sanitizer ke telapak tangan Anda secukupnya. Biasanya, seukuran koin cukup untuk kedua tangan.

  3. Gosok Kedua Telapak Tangan Gosokkan kedua telapak tangan Anda satu sama lain untuk mendistribusikan hand sanitizer secara merata.

  4. Gosok Punggung Tangan Gosok punggung tangan kiri dengan telapak tangan kanan dan sebaliknya. Pastikan hand sanitizer menyentuh seluruh permukaan tangan.

  5. Gosok Sela-Sela Jari Jalin jari-jari Anda dan gosok sela-sela jari agar hand sanitizer mencapai bagian tersebut.

  6. Gosok Ujung Jari dan Kuku Ujung jari dan kuku sering kali menjadi tempat kuman bersembunyi. Gosok ujung jari dan kuku Anda dengan telapak tangan yang berlawanan.

  7. Gosok Ibu Jari Jangan lupa untuk menggosok ibu jari Anda. Gunakan tangan yang berlawanan untuk memutar-mutar ibu jari sehingga hand sanitizer tersebar merata.

  8. Biarkan Kering Sendiri Setelah menggosok semua bagian tangan, biarkan hand sanitizer mengering sendiri. Jangan menyeka atau membilasnya dengan air agar hand sanitizer dapat bekerja secara efektif.


Mengikuti 8 langkah cara menggunakan hand sanitizer yang benar ini akan membantu memastikan tangan Anda bersih dari kuman dan virus. Ingatlah, hand sanitizer adalah tambahan, bukan pengganti, mencuci tangan dengan sabun dan air saat memungkinkan.

Tetap jaga kebersihan tangan Anda untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penyakit. Dengan cara yang benar, kita bisa memaksimalkan manfaat dari penggunaan hand sanitizer sehari-hari.


6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page